• Sabtu, 21 Mei 2022

Heboh Sapi Terkena Penyakit Mulut dan Kuku, Kementan Pastikan Tidak Menular pada Manusia

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:16 WIB
Ilustrasi. PMK bisa menyerang pada sapi (Pixabay.com/milesz)
Ilustrasi. PMK bisa menyerang pada sapi (Pixabay.com/milesz)

NaraTimes.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) terus dilakukan secara maksimal dengan berbagai cara.

Langkah yang diambil Kementan diantaranya dengan mendistribusikan obat, penyuntikan vitamin, pemberian antibiotik dan penguatan imun. Selain itu juga dilakukan riset dan uji lab untuk menemukan vaksin PMK dalam negeri.

Penyakit PMK adalah wabah yang memiliki tingkat penyebaran cepat karena prosesnya bisa menular melalui kontak langsung maupun udara.

Baca Juga: Album NCT Dream, Stray Kids, TWICE, dan Red Velvet Terima Sertifikat Gaon Bulan Mei 2022

Tapi, Mentan SYL memastikan PMK tidak menular kepada manusia dan dagingnya masih bisa dikonsumsi asal melalui SOP yang benar.

Hingga saat PMK ditemukan pada sapi di Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Timur, Provinsi Aceh. Juga di Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Lamongan dan Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

Mentan SYL menuturkan sapi yang terkena PMK harus diberikan obat, dan yang tidak kena harus dinaikan imunnya.

Baca Juga: Raffi Ahmad Datangi Polda Metro, Soal Kasus Penipuan Medina Zein?

"Besok itu kita sudah ada pelatihan untuk dokter kesehatan. Dan khusus untuk tenaga medisnya kita sudah sebar di lapangan," ujar SYL, dikutip NaraTimes dari pertanian.go.id, Kamis, 12 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Ibnu Haldun

Sumber: pertanian.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X