• Senin, 17 Januari 2022

Ketua Umum PKK Nasional, Serukan Pencegahan Pernikahan Anak di NTB

- Rabu, 24 November 2021 | 10:22 WIB
Ilustrasi - Kekerasan terhadap perempuan masih kerap terjadi di keluarga. (Milada Vigerova/Unsplash )
Ilustrasi - Kekerasan terhadap perempuan masih kerap terjadi di keluarga. (Milada Vigerova/Unsplash )

NaraTimes.com - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian mengampanyekan pencegahan pernikahan anak di Nusa Tenggara Barat (NTB), dilansir dari laman kemendagri.co.id, Selasa 23 November.

Tri juga menekankan tentang kepedulian PKK terhadap perlindungan anak yang merupakan bagian dari 10 (sepuluh) program PKK.

Hal itu dilakukannya dalam acara “Pertemuan Nasional Kader PKK dalam rangka Cegah Perkawinan Anak (Cepak) dan Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana” di Hotel Aston Mataram, NTB.

Baca Juga: Velove Vexia Nikah Diam-diam dengan Zakry, Pengusaha asal Aceh: Unggah Foto dan Kata 'At Last'

“Kegiatan ini adalah merupakan salah satu bentuk dari kepedulian Tim Penggerak PKK terhadap adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan juga Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Perlindungan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT),” kata Tri.

Tri menjelaskan, sesuai UU Nomor 23 Tahun 2002, anak didefinisikan sebagai seseorang yang berusia di bawah 18 tahun.

Dengan demikian, pernikahan anak merupakan pernikahan yang terjadi antara laki-laki dan perempuan, baik salah satu atau keduanya, berusia di bawah 18 tahun.

Baca Juga: Tragis! Sinetron Ikatan Cinta 24 November 2021: Dennis Meninggal, Aldebaran Menyesal

Di sisi lain, tak sedikit orang tua yang berdalih menikahkan anaknya yang di bawah umur karena menghindari pergaulan bebas maupun faktor ekonomi.

Halaman:

Editor: Ibnu Haldun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X