• Selasa, 7 Februari 2023

Soal THR dan Gaji ke-13 untuk ASN, Pensiunan dan Penerima Tunjangan: Tertuang dalam PP 16/2022, Ini Rinciannya

- Rabu, 20 April 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi - ASN  (Instagram/@pemkotdepok)
Ilustrasi - ASN (Instagram/@pemkotdepok)

NaraTimes.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Peraturan yang ditandatangani Presiden Jokowi pada tanggal 13 April 2022 dan dapat diakses pada laman JDIH Sekretariat Kabinet ini diterbitkan dengan pertimbangan bahwa pemerintah berupaya mempertahankan tingkat daya beli masyarakat, di antaranya melalui pembelanjaan aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan di masyarakat sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Pertimbangan lainnya, bahwa untuk meningkatkan pembelanjaan aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan, pemerintah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ketiga Belas Tahun 2022 sebagai wujud penghargaan atas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Baca Juga: Jokowi: Nuzulul Qur'an Sebagai Momentum Memperkuat Kebersamaan dalam Keragaman

“Pemerintah memberikan Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas Tahun 2022 kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan sebagai wujud penghargaan atas pengabdian kepada bangsa dan negara dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara,” ditegaskan pada Pasal 2.

Pada Pasal 5 peraturan ini ditegaskan bahwa THR dan gaji ke13 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 tidak diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri dalam hal:

a. sedang cuti di luar tanggungan negara atau dengan sebutan lain; atau
b. sedang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: AYO KLAIM! Kode Redeem Free Fire, 20 April 2022: Dapatkan Voucher, Karakter dan Skin Terbaik di Hari Ini

THR dan gaji ke-13 yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bagi PNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, dan Pegawai Non-Pegawai Aparatur Sipil Negara yang bertugas pada Lembaga Penyiaran Publik, terdiri atas:

Halaman:

Editor: Ibnu Haldun

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

#PrayForTurkey KBRI Ankara: Tak Ada WNI Korban Tewas

Senin, 6 Februari 2023 | 18:38 WIB

Info Kondisi Cuaca Jabotabek, 6 Februari 2023

Senin, 6 Februari 2023 | 10:27 WIB

Info SIM Kelilling Polda Metro Jaya, 3 Februari 2023

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:29 WIB

Info Kondisi Cuaca Jabodetabek, 3 Februari 2023

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:00 WIB
X