• Senin, 8 Agustus 2022

Polri Persilakan Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

- Selasa, 19 Juli 2022 | 22:16 WIB
Ilustrasi penembakan (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi penembakan (Pixabay/Alexas_Fotos)

NaraTimes.com - Polri mempersilakan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J sesuai permintaan dari pihak pengacara dan keluarga. Brigadir J tewas dalam baku tembak di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, beberapa waktu lalu.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut autopsi ulang yang dalam istilah forensik disebut ekshumasi dilakukan demi keadilan.

Dedi menambahkan autopsi ulang harus dilaksanakan oleh yang berwenang dalam hal ini Kedokteran Forensik.

Baca Juga: Kalina Oktarani Meradang Dituding Punya Penyakit Kelamin oleh Mantan Kekasih

"(Ekshumasi) dalam hal ini dilakukan kedokteran forensik dan melibatkan pihak ekternal, agar hasilnya sahih dan dapat dipertanggung jawabkan dari sisi keilmuan dan dari semua metode sesuai standar internasional," ungkap Dedi kepada wartawan, Selasa (19/7/2022).

Menurut Dedi, otopsi mayat atau ekshumasi itu memang ada standar internasionalnya dan akan diaudit. Pasalnya, proses itu harus sesuai standar dan kode etik profesi.

"Hasil koordinasi saya dengan dirtipidum, apabila pengacara mengajukan ekshumasi, dari penyidik terbuka. Ini sesuai dengan komitmen Bapak Kapolri bahwa hasil penyidikan ini akan seterbuka mungkin, setransparan mungkin," tuturnya.

Baca Juga: Gen Halilintar Akhirnya Pulang ke Indonesia, Geni Faruk Ungkap Fakta Tak Terduga

"Dan tentunya proses penyidikan harus memenuhi kaidah-kaidah scientific crime investigation. Itu hal yang mutlak harus dilakukan," sambungnya.

Halaman:

Editor: Ibnu Haldun

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Persilakan Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Selasa, 19 Juli 2022 | 22:16 WIB
X