• Senin, 8 Agustus 2022

Pemerintah Bakal Genjot Kebutuhan Gula Nasional. Ini Langkah-langkahnya

- Kamis, 21 Juli 2022 | 12:00 WIB
Presiden Jokowi (Pic: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Pic: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

NaraTimes.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran terkait untuk mempersiapkan kebutuhan gula nasional dengan baik.

Hal ini karena komoditas gula merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang berpengaruh terhadap inflasi serta terpengaruh dengan terjadinya berbagai disrupsi dan pengurangan importasi gula dari negara-negara lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai tatanan kebijakan gula nasional yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, Rabu (20/07/2022), di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga: J-Hope BTS Debut Solo, Sukses di Kancah Musik Internasional

“Bapak Presiden mengharapkan dalam waktu yang sangat cepat, ada langkah-langkah bersama antara kementerian baik (Kementerian) Pertanian, (Kementerian) BUMN, (Kementerian) Perdagangan, (Kementerian) Perindustrian untuk mencoba mempersiapkan berbagai hal, minimal mempersiapkan kebutuhan gula nasional kita secara baik,” kata Syahrul.

Mentan menyampaikan, kebutuhan gula nasional secara umum adalah 7,3 juta ton, sementara gula konsumsi 3,2 juta ton dan gula industri 4,1 juta ton.

Sementara produksi gula nasional masih sangat rendah, yaitu 2,35 juta ton.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN: Penduduk Lokal Dilibatkan dalam Pembangunan Ibukota Nusantara

“Bapak Presiden minta agar langkah untuk memperkuat gula konsumsi harus dilakukan, berarti ada 850 ribu ton untuk dipersiapkan. Saya mendapatkan perintah bersama menteri lain, Menteri BUMN lebih khusus, untuk mempersiapkan baik rawat ratun dari tebu maupun bongkar ratun. Artinya, ada lahan-lahan intensifikasi dan lahan-lahan ekstensifikasi yang harus digarap secara bersamaan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ibnu Haldun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Persilakan Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Selasa, 19 Juli 2022 | 22:16 WIB
X