• Selasa, 7 Februari 2023

Lukai Toleransi, Hubungan Turki dan Swedia Memanas Usai Insiden Pembakaran Al-Qur'an

- Senin, 23 Januari 2023 | 15:30 WIB
Sebelumnya diberitakan jika seorang politikus anti-imigran dari sayap kanan membakar sebuah salinan Al-Qur'an di dekat Kedutaan Turki. (Facebook/Suara Palestina News Agency)
Sebelumnya diberitakan jika seorang politikus anti-imigran dari sayap kanan membakar sebuah salinan Al-Qur'an di dekat Kedutaan Turki. (Facebook/Suara Palestina News Agency)

NARATIMES.COM-- Lukai toleransi hubungan Turki dan Swedia memanas usai insiden pembakaran Al-Qur'an oleh politikus Swedia.

Sebelumnya diberitakan jika seorang politikus anti-imigran dari sayap kanan membakar sebuah salinan Al-Qur'an di dekat Kedutaan Turki.

Politikus tersebut melakukan aksi yang tidak terpuji dan melukai hati umat muslim di seluruh dunia dipicu tawaran NATO terhadap Swedia.

Di tengah upaya Swedia untuk bergabung dengan NATO, hal itu pula menyebabkan protes besar di Stockholm terhadap Turki terus terjadi.

Baca Juga: Persis Solo Siap Geser Persikabo 1973 di Klasemen Sementara BRI Liga 1

Kementerian Turki mendesak Swedia untuk mengambil tindakan yang diperlukan terhadap para pelaku dan mengundang semua negara untuk mengambil langkah nyata melawan Islamofobia.

Bahkan Kementerian Luar Negeri Turki mengutuk secara keras segala serangan keji terhadap kitab suci umat Islam.

"Mengizinkan tindakan anti Islam ini yang menargetkan umat Islam dan menghindari nilai-nilai suci kami, dengan kedok kebebasan berekspresi sama sekali tidak dapat diterima,"tegas otoritas Turki.

Protes secara terpisah juga terjadi di kita yang mendukung Kurdi dan menentang tawaran Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Swedia membutuhkan dukungan untuk dapat masuk ke aliansi militer. Sekelompok demonstran Pro-Turki juga mengadakan rapat umum di luar kedutaan.

Halaman:

Editor: Siti Barkah

Sumber: Jawa Pos

Tags

Artikel Terkait

Terkini

#PrayForTurkey KBRI Ankara: Tak Ada WNI Korban Tewas

Senin, 6 Februari 2023 | 18:38 WIB

Info Kondisi Cuaca Jabotabek, 6 Februari 2023

Senin, 6 Februari 2023 | 10:27 WIB

Info SIM Kelilling Polda Metro Jaya, 3 Februari 2023

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:29 WIB

Info Kondisi Cuaca Jabodetabek, 3 Februari 2023

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:00 WIB
X