• Senin, 29 November 2021

Google Tolak Bayar AdSense Konten Kreator yang Langgar Peraturan Ini, Simak Aturan Barunya

- Senin, 11 Oktober 2021 | 18:30 WIB
Google menerapkan kebijakan baru terhadap konten kreator dan pengguna monetisasi pada platform miliknya. (Unsplash.com/Arkan Perdana)
Google menerapkan kebijakan baru terhadap konten kreator dan pengguna monetisasi pada platform miliknya. (Unsplash.com/Arkan Perdana)

NaraTimes.com - Raksasa mesin pencari internet, Google, mengumumkan peraturan baru mengenai ketentuan pembayaran AdSense yang biasa diterima oleh konten kreator seperti Youtuber dan Blogger.

Dalam aturan baru tersebut, Google tidak akan membayar uang adsense kepada konten kreator yang memiliki kecenderungan tidak memihak ataupun menyangkal isu perubahan iklim.

Artinya, jika ada Youtuber yang memuat konten video berisi penolakan atau tidak percaya terhadap isu lingkungan seperti perubahan iklim, pihak Google akan memutus pundi-pundi dollar yang biasa didapatkan dari AdSense.

Baca juga: Jelang Pertandingan Indonesia vs Taiwan Kualifikasi Piala Asia 2023 Leg Kedua

Langkah ini diambil raksasa Silicon Valley tersebut sebagai upaya mendungkung gerakan masyarakat global dalam mengantisipasi krisis iklim dunia.

"Ini termasuk konten yang mengacu pada pengggiringan opini yang menganggap perubahan iklim sebagai tipuan, teori konspirasi, menyangkal adanya efek rumah kaca, iklim yang memanas dan sebagainya," tulis Google.

Secara lebih rinci, nantinya Google tidak akan memasang elemen iklan AdSense yang umumnya terdapat di dalam video.

Baca juga: Mantan Suami Nindy Ayunda Bebas Bersyarat dari LP Cipinang Setelah Menjalani 11 Bulan Masa Hukuman

Tidak ada iklan, otomatis tidak ada 'views' yang membuat konten kreator mendapat uang AdSense.

Halaman:

Editor: Heksa Ragil Pamungkas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Brand FMCG Jangkau Audiens secara Kreatif Lewat TikTok

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:30 WIB
X